“Penggunaan Strategi SQ3R dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Bahasa Arab (Studi Pada Pondok Pesantren Al-Kahfi Batanghari, La

Senin, Juli 05, 2010

“Penggunaan Strategi SQ3R dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Bahasa Arab (Studi Pada Pondok Pesantren Al-Kahfi Batanghari, Lampung Timur)”

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dengan strategi yang digunakan sehingga guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melakukan tugas pembelajaran. Berdasarkan pra survey pada santri kelas II.1 Pondok Pesantren Al-Kahfi Batanghari, Lampung Timur menunjukkan bahwa para santri masih kesulitan memahami bacaan bahasa Arab dan para santri cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pra survey santri yaitu 58,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 46,34% serta hanya 31,71% santri yang mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan membaca pemahaman interpretatif bahasa Arab santri Pondok Pesantren Al-Kahfi Batanghari, Kabupaten Lampung Timur melalui strategi SQ3R (Survey, Questio, Read, Recite and Review). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseach) yang dilaksanakan di kelas II.A1 Pondok Pesantren Al-Kahfi Batanghari, Lampung Timur yang berjumlah 41 santri. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus karena indikator keberhasilan sudah tercapai pada siklus kedua tersebut. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Pengumpulan data aktivitas belajar santri menggunakan pedoman observasi dan data kemampuan membaca pemahaman interpretatif santri dengan tes hasil belajar. Analisis data aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman interpretatif santri dilakukan dengan deskriptif.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman interpretatif bahasa Arab dapat meningkatkan aktivitas belajar santri. Jumlah santri yang mengikuti pembelajaran dengan aktif meningkat pada setiap siklus dari 65,85% pada siklus I dengan skor rata-rata 22 menjadi 97,56% dengan skor rata-rata 33 pada siklus II.Demikian pula pada kemampuan membaca pemahaman interpretatif bahasa Arab santri mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata santri dari masing-masing siklus yaitu pada siklus I sebesar 66,63 dengan ketuntasan belajar sebesar 68,29% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 73,50 dengan ketuntasan belajar sebesar 90,24%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi SQ3R dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan membaca pemahaman interpretatif bahasa Arab pada santri kelas II.1 Pondok pesantren (ma’had) Al-Kahfi Batanghari, Lampung Timur. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hendaknya pengajar menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi seperti strategi SQ3R sebagai upaya meningkatkan kemampuan santri dalam membaca pemahaman interpretatif bahasa Arab.



ABSTRACT

The teaching learning process doing by the teacher in order to reach the goal of its process cannot be separated to the strategy they used so the teacher is required to be more professional, more innovative, more perspective and also more proactive in doing their duty. Based on the pra survey conducted to the students of Al-Kahfi Islamic Boarding School grade II.1 shown that most of the students felt the difficulties in comprehending the Arabic reading text and the students tend to be inactive in the teaching learning process. It was proven by the average of students’ reading comprehension ability that was only 54,8% in the learning mastery in 46,34% and also only 31,71% students that active in the teaching learning process.
This study aimed at improving students’ learning activity and Arabic interpretative reading comprehension ability of Al-Kahfi Islamic Boarding School Batanghari, East Lampung through the SQ3R Strategy. This study is a classroom action research at the students of II.1 grade of Al-Kahfi Islamic Boarding School Batanghari, East Lampung that consist of 41 students. This study was conducted into 2 cycles since the indicators of the study was reached at the second cycle. Each cycle consists of 1) planning, 2) actuating, 3) observation and 4) reflection. The research collecting data of the students’ learning activities used an observation guide and learning achievement test was used for the students’ Arabic interpretative reading comprehension ability. The students’ learning activity and the students’ interpretative reading comprehension ability were analyzed descriptively.
From the data analysis was found that by using the SQ3R strategy coud improve the students’ learning activity. The sum of active students increased in each cycle. In cycle I, the sum active students was 65,85% by average score 22 to 97,56% by average score 33 in cycle II. And also by using the SQ3R strategy coud improve the students’ Arabic interpretative reading comprehension ability. The average score of students’ learning achievement increased from 66,63 in learning mastery was 68,29% in cycle I to 73,50 in learning mastery was 90,24%.
In line of the finding that the implementation of the SQ3R strategy could improve the students’ learning activity and learning achievement of the students’ Arabic interpretative reading comprehension ability at grade II.1 of Al-Kahfi the Islamic Boarding School, Batanghari, East Lampung. It is suggested to the teacher to use various learning strategy such as SQ3R in increasing students’ Arabic interpretative reading comprehension ability.

0 komentar: