Bakso Krokot

Selasa, Juni 14, 2011


ABSTRAK
BAKSO KROKOT (LEAVIS BALL PORTULA) SEBAGAI MEDICAL HERBAL BAGI PENDERITA ASAM URAT
 Oleh:
Wulandari, Rifatin Cholida, dan Yesi Istirokah
KIR MAN 1 METRO
Pembimbing: Muhzin Nawawi, S.Pd., M.Pd.I
Penyakit asam urat (Gout Arthritis) disebabkan kandungan asam urat di dalam darah tinggi. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin, dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni.
Belum begitu banyak orang yang melirik manfaat tanaman satu ini padahal khasiatnya banyak. Ada kalanya, justru tanaman yang biasa-biasa saja dan asing yang dipilih untuk menjadi penghuni pekarangan. Salah satu alasannya adalah karena tanaman itu mempunyai potensi dan manfaat. Tanaman krokot misalnya. Gulma yang sering ada di pinggir-pingir jalan dan tegalan sawah ini biasanya hanya kita pandang sebelah mata. Adapun rumusan permasalahan dalam karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana proses pembuatan bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” sebagai medical herbal bagi penderita asam urat? 2).Bagaimanakah bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” dapat dijadikan obat herbal bagi penderita asam urat? 3). Bagaimana tingkat kesukaan masyarakat terhadap bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” sebagai medical herbal bagi penderita asam urat?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Mengetahui proses pembuatan bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” sebagai medical herbal bagi penderita asam urat. 2). Mengetahui bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” dapat dijadikan obat herbal bagi penderita asam urat. 3). Mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap bakso krokot (Portulaca Laevis Wall) “Laevis Ball” sebagai medical herbal bagi penderita asam urat.
Riset dr. Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan krokot berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin dan kondroitin sulfat,  merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr. Rahman Suryadi, alumnus Universitas Katolik Atmajaya menyatan bahwa asam linolenat yang terkandung dalam krokot dapat menurunkan kholesterol darah dan kolagen yang terkandung dalam krokot juga dapat  mengaktifkan enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi.
Key Words: Asam Urat, Krokot, Portulaca Laevis Wall, Medical Herbal

0 komentar: